Didorong oleh keinginan luhur untuk berperan serta secara aktif menegakan, mengamankan, mengisi dan melestarikan Negara Kesatuan Republik Indonesa yang diproklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945 serta usaha meningkatkan pembangunan bangsa seperti yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945 ( tujuh belas agustus seribu sembilan ratus empat puluh lima ) serta usaha meningkatkan pembangunan seperti yang terkandung dalam pembukaan Undang- Undang Dasar 1945 ( seribu sembilan ratus empat puluh lima ) dan mewujudkan peningkatan harkat dan mertabat serta kesejahteraan perangkat desa Indonesia, maka perlu dibentuk organisasi.
Atas Berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa maka pada tanggal 17 Juni 2006 dalam Kongres Perangkat Desa Indonesia di Tegal Jawa Tengah telah dirikan suatu organisasi dengan nama Persatuan Perangkat Desa Indonesia dan Disingkat PPDI. PPDI sebagai wadah terhimpunnya segenap perangkat desa merupakan organisasi profesi, perjuangan dan ketenagakerjaan yang berdasarkan Pancasila. Organisasi ini bersifat Unitaristrik, Indenpenden, dan tidak berpolitik praktis yang secara aktif menjaga, memelihara, mempertahankan Persatuan dan kesatuan Bangsa yang dijiwai semangat kekeluargaan, kesetiakawanan yang kokoh serta kesejahteraan lahir batin dan kesetiakawanan organisasi baik didaerah maupun Nasional.
PPDI sebagai organisasi perjungan mengemban amanat cita-cita Proklamasi 17- 08 – 1945 ( tujuh belas agustus seribu Sembilan ratus empat puluh lima) dengan menjamin, menjaga dan mempertahankan keutuhan dan kelangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan membudidayakan nilai-nilai luhur pancasila. Atas dasar hal-hal tersebut di atas maka disusunlah Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Persatuan Perangkat Desa Indonesia.