SAKIP DESA , awal dari perubahan desa

Sumedang, ~ Semenjak diluncurkan dari awal tahun, SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan ) Desa, telah merubah pola pengelolaan desa disumedang. Keterbukaan dalam perencanaan, penganggaran hingga pelaporan kinerja setiap desa saat ini disumedang sedang berlangsung. Buka Utep Ruspendi, Ketua PPDI Kab.Sumedang.

Sebagai seorang perangkat desa, dirasa perlu SAKIP DESA ini untuk terus dikawal penggunaannya.

SAKIP DESA adalah alat untuk memastikan pengelolaan pemerintahan desa dijalankan dengan jelas dan tepat,” sejalan Dengan perkembangan jaman yang dituntut serba cepat (4.0).
Manfaat sakip dalam pengelolaan administrasi desa semunya bisa di lakukan dengan cepat melalui digitalisasi desa, baik absen kepala dan perangkat desa, penurunan angka kemiskinan,. Lokus stunting, sampai ke indikator kepuasan masyrakata dalam pelayanan publik di desa. Hingga akhir nya muncul skoring, sakip telah diintegrasikan dengan e office dimana surat menyurat bisa di lakukan di mana saja dan kapan saja dengan menggunakan tandatangan elektronik.
Harapan masyarkat dengan adanya sakip dess bisa mendorong percepatan pembangunan, profesionalitas kinerja pemdes, dan kemudahan dalam surat menyurat.
Untuk itu kepala dan perangkat desa di tuntut lebih melek IT.

Namun itu semua hanya tatanan administrtif sja yg tdk mungkin berjalan tanpa adanya komitmen antara pemerintah desa, BPD hingga masyarakatnya.

Tinggalkan Balasan